Sabtu, 17 Desember 2016

Apa itu Boot Loader?

Gambar merupakan arsip Mahmud Official Web
Gambar Koleksi Mahmud Official Web
Gambar Koleksi Mahmud Official Web
Gambar Koleksi Mahmud Official Web


Selamat pagi, sahabat MOW (Mahmud Official Web), pagi ini saya akan coba share hal baru, namun masih berkaitan dengan Open Source OS (operating System). Kita semua tahu bahwa kegiatan komputer saat pertama kali boot-ing adalah memilih Dvice mana yang pertama di Boot atau di panggil dengan settingn pada BIOS (Basic Input Output System) yang telah kita setting. Entah itu, Boot via DVD/CD Room, Harddisk ataupin Device lainnya sesuai dengan keperluan kita.

Jika di dalam harddisk komputer telah tertanam OS (Operating System) dan settingan Boot Priority pada BIOS di setting via Harddisk, langkah selanjutnya adalah cara agar OS yang terdapat di dalam harddisk tersebut bisa di panggil atau terpanggil sehingga kita dapat masuk ke OSnya dan dapat menggunakan komputer tersebut sesuai kehendak kita.

Nah, inilah fungsi Boot Loader yang perlu kita install atau pilih "Yes", saat proses install OS berlangsung dan memberikan pilihan kepada kita untuk meng-install Boot Loader atau tidak. Bagi sahabat yang belum tahu cara install OS Debian 6.0 klik disini. Baiklah, kalau beitu kita langsung saja ke pembahasan mengenai Boot Loader.

Boot Loader adalah suatu program yang sudah tertanam pada suatu sistem operasi untuk mem-boot atau memanggil sistem operasi yang ada pada harddisk dan media boot lainnya seperti flashdisk. Boot Loader ini biasanya di gunakan dan sangat terasa fungsinya saat di dalam harddisk terdapat lebih dari satu OS, sehingga saat pertama boot-ing kita akan di suguhkan dengan tampilan Program Boot Loader dengan pilihan beberapa OS yang terpasang di harddisk untuk dapat kita gunakan dengan cara memilihnya.

BIOS (Basic Input Output System) lah yang memuat Boot Loader ini yang kemudian di gunakan untuk memanggil karnel suatu sistem Operasi.

Jadi, Boot Loader ini digunakan untuk memilih dan memanggil sistem operasi yang ada pada harddisk dan media boot lainnya. Misalnya, pada hard disk terdapat sistem operasi GNU/Linux Debian 5.0 (Open source) dan Windows 7 (Close Source) . Nah, anda bisa menggunakan salah satu Boot Loader yang sudah disediakan dari kedua sistem operasi tersebut, biasanya jika terpasang OS antara Windows dengan Linux yang akan di gunakan adalah Boot Loader Linux atau mungkin juga bisa sebaliknya, Sahabat MOW jika memasang OS Windows dan Linux pada harddisk, kita bisa setting Boot Loader mana yang akan di gunakan dengan menggunakan software tambahan seperti Easy BCD. Boot Loader, harus dipasang pada MBR (Master Boot Record) pada hard disk atau media boot lainnya agar sistem operasi yang terdapat pada harddisk atau media boot lainnya bisa di-boot dengan baik.

Terdapat dua jenis Boot Loader pada GNU/Linux yaitu GRUB dan LILO.


GRUB (GRand Unified Bootloader)

Inilah Boot Loader yang paling pesat perkembangannya, di karenakan banyak di gunakan oleh berbagi Distro GNU/Linux. GRUB ini merupakan proyek dari GNU. Saat ini terdapat 2 versi GRUB dan terbaru adalah versi GRUB yang kedua yang terpasang pada OS Linux Ubuntu 10.10.

LILO (LInux LOader)

Berbeda dengan GRUB, LILO hanya terdapat pada distro Linux Red Hat dan turunannya. Pada Boot Loader LILO banyak kita dapat setting sesuai kebutuha kita, begitu banyak menu konfigurasi yang di sediakan oleh LILO dan tidak lupa LILO juga dapat di install dan juga di uninstall.

Baiklah, kesimpulannya dari artikel kali ini adalah baik LILO atau pun GRUB sama saja, yang intinya kedua program ini membantu kita mem-boot atau memanggil OS yang terpsangang pada harddisk atau device lainnya. Namun, perlu di ingat kita harus hati-hati saat melakukan konfigurasi pada Boot Loader GRUB atau LILO, karena jika salah konfig. yang terjadi adalah kita tidak bisa Boot ke OS kita.

Terima kasih. Saya tunggu kritik dan sarannya untuk pengembangan.

Mahmud Al Fauzi - hubungi saya di Facebook jika ada kendala dari Tutor atau artikel yang saya Tulis.

2 komentar

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat.

Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung. :)

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, Conten terlarang akan di remove oleh admin.
EmoticonEmoticon