Rabu, 30 Januari 2019

Mengatasi masalah Resolving Host di Google Chrome (FIX)

Mengatasi masalah Resolving Host di Google Chrome (FIX)

Mungkin anda pernah merasakan permsalahan ini saat menggunakan Browser Google Chrome, yaitu masalah Resolving Host saat akan mengakses sebuah situs atau halaman website tertentu. Akibat terjadi Resolving Host ini akses pada sebuah situs menjadi sangat lambat. 

Jika hal ini terjadi saat anda menggunakan Browser Google Chrome anda akan melihat tulisan Resolving Host... pada bagian pojok kiri bawah antar mukan Browser Google Chrome. Sebenarnya problem ini bisa juga terjadi pda Browser lain tidak hanya pada Google Chrome seperti Firefox, Safari, Edge, Internet Explorer, dll. Sehingga hasilnya situs tidak dimuat / diload dengan benar dan nyaman.


Solusi Resolving Host pada Google Chrome


Kenapa Resolving Host terjadi?

Ketika anda hendak mengakses suatu situs atau website, anda perlu memasukan alamat situs tersebut pada kolom URL di Browser yang dalam hal ini adalah Google Chrome, setelah itu Browser harus menyelesaikan tugasnya yaitu menerjemah alamat yang ada masukan pada sebuah alamat numerik yaitu IP Address. Tentang hal ini disebut dengan Sistem Nama Domain atau DNS.

Alasan sederhana secara teknis penyebab Resolving Host ini terjadi adalah karena server DNS yang dikonfigurasi oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda membutuhkan waktu lama untuk menemukan pemetaan alamat IP dari URL situ yang Anda masukkan.

Hal ini mungkin karena perubahan DNS pada Internet Service Provider (ISP) anda. Selain itu, penumpukan Cache pada komputer lokal (komputer kita) atau browser Chrome juga bisa menjadi salah satu penyebab keterlambatan dalam menemukan alamat IP situs yang benar.

Digram atau gambar dibawah ini mungkin bisa menjelaskan kepada anda tentang hierarki DNS bertingkat (bagian A) dan kemudian konten aktual diambil dari server menggunakan IP itu (bagian B) sehingga terjadi Resolving Host.

Proses Resolving Host

Setelah melihat diagram atau gambar diatas, dapat disimpulkan cara termudah dan tidak ribet yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menuliskan IP Address situs secara langsung pada bilah/kolom URL Google Chrome. Namun, hal ini menjadi tidak mungkin jika kita di tuntut harus menghapal semua IP pada setiap situs.

Justru disinilah seharusnya DNS bekerja, yaitu untuk mempermudah kita mengakses sebuah website dengan domain situs tanpa harus menghapal IP Address situs yang hanya terdiri dari berbagai angka itu.

Belum lagi situs web atau domain yang di host pada Share Hosting Server yang secara otomastis domain atau web tersebut tidak bisa diakses menggunakan IP Address nya, hal ini karena 1 IP Address share hosting digunakan oleh beberapa Domain sekaligus.

Ok, untuk itu dibawah ini saya coba paparkan dan jelaskan kepada anda beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah Resolving Host di Google Chrome. Catatan : Beberapa langkah dibawah ini mungkin ada yang sudah tidak sesuai karena versi Google Chrome atau pun OS yang anda gunakan.

How to Fix Resolving Host Issue ?

Sesuai dengan permasalah ini yang kita bahas diatas, seharusnya beberapa atau salah satu cara dibawah ini bisa menyelesaikan masalah Resolving Host di Google Chrome.

  1. Ubah DNS Server kita ke DNS Publik
  2. Hapus Cache DNS dari Google Chrome
  3. Bersihkan Cache DNS dari Komputer kita
  4. Nonaktifkan prefetching atau Prediksi DNS di Chrome
  5. Ubah Pengaturan LAN
  6. Jangan Gunakan Proxy atau VPN yang tidak bisa diandalkan
  7. Terjadi IP Conflic karena komputer lain terhubung dengan Router yang sama
  8. Hubungi penyedia layanan (ISP) anda
Ok, setiap pilihan diatas saya rinci dibawah ini.

Pilihan 1 - Ubah DNS Server kita ke DNS Publik

Untuk menjalankan opsi ini anda bisa masuk pada pengaturan IP Address di windows lalu ubah Pengaturan DNS ke statis dan isi dengan DNS Publik yaitu 8.8.8.8 dan atau 8.8.4.4 atau anda pun bisa menggunakan DNS publik yang anda ketahui.

Semua aktivitas Internet anda akan dialihkan ke DNS publik baru yang anda pasang tersebut. Catatan dari saya jangan pernah gunakan IP DNS dari server gratis atau server tidak jelas karena sangat beresiko untuk keamanan anda.

Gambar dari webnost.com
Setelah anda melakukan seeting diatas dan menyimpannya, silakan Close atau keluarkan Google Chrome dan buka kembali lalu coba masukan url / domain situs atau lihat langsung pada bagian pojok kiri bawah apakah masih ada tulisan Resolving Host atau tidak, jika masih anda bisa coba lanjut ke pilihan atau opsi kedua.

Pilihan 2 - Bersihkan Cache DNS pada Google Chrome

Seperti yang kita ketahui bahwa Chrome menggunakan caching DNS untuk memfasilitasi pemuatan cepat situs dengan memetakan alamat IP dari cache ketika domain yang sama dibuka berulang kali. Jika alamat IP situs diubah, maka cache DNS Chrome dapat menyebabkan keterlambatan memuat situs karena perbedaan dalam IP.

Untuk itu, anda bisa melakukan langkah pembersihan DNS pada Google Chrome dengan langkah-langkh berkut ini :


  • Masuka ke “chrome://net-internals/#dns” (tanpa tanda petik) pada kolom URL Google Chrome anda
  • Selanjutnya klik "Clear Host Cache" berulang kali
Proses Clear Host Cache pada Chrome


Ketika anda klik, mungkin tidak menampakan perubahan atau proses apapun, namun begitulah keadaan jika kita melakukan pase/langkah ini,

Nah, sekarang Jika Anda menggunakan versi browser Chrome yang sangat lama (tidak up to date) maka Anda juga dapat mencoba menonaktifkan flag "Built-in Asynchronous DNS" dengan mengikuti instruksi di bawah ini. (Pilihan langkah ini tidak akan tersedia pada versi Chrome terbaru).

  • Masuk ke URL “chrome://flags” (tanpa tanda petik)
  • Tekan CTRL+F (unuk pengguna Windows) atau Command+F (untuk pengguna Mac) dan ketik/cara “asynchronous”

  • Klik atau ubah posisi Default menjadi “Disable”
  • Terakhir Klik "Luncurkan Sekarag" atau “Relaunch Now” untuk menerapkan perubahan.

Pilihan 3 - Menghapus Cache dari PC atau Mac lokal

Selain browser Chrome, PC atau Mac lokal Anda juga menggunakan caching DNS untuk mengaktifkan pemuatan cepat nama domain berulang yang diakses. Jadi membersihkan cache komputer Anda juga bisa membantu dalam memperbaiki masalah ini.

  • Jika Anda menggunakan Windows, buka "Command Prompt" dan masukkan perintah "ipconfig / flushdns" dan Anda akan melihat pesan sukses. Tekan "tombol Windows + R" dan masukkan "cmd" untuk membuka command prompt di Windows XP / Vista / 7. Gunakan opsi daya pengguna dengan menekan "Windows key + X" untuk mengakses prompt perintah di Windows 8/10.
  • Jika Anda menggunakan Mac, buka aplikasi "Terminal" dari "Utilities", masukkan perintah "dscacheutil -flushcache" dan Anda tidak akan melihat pesan sukses. Jika Anda menggunakan OS X versi 10.5.1 dan di bawahnya maka gunakan perintah "lookupd -flushcache" untuk membersihkan cache DNS.

Pilihan 4 - Menonaktifkan Prediksi DNS atau Prefetching

Jika masalah tidak atau masih belum teratasi setelah berganti ke server DNS publik atau membersihkan cache seperti dijelaskan di atas, maka coba opsi berikut. Buka jendela browser Chrome dan klik ikon "Customize and control Google Chrome" yang ditampilkan di sudut kanan atas (seharusnya seperti tiga titik secara vertikal). Pilih opsi "Pengaturan" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Masuk ke halaman Setting Chrome

Anda juga bisa mengakses Pengaturan Chrome dengan masuk ke halaman URL "chrome://settings" (tanpa tanda petik".

Klik "Advanced"

Menampilkan menu Advanced pada bagian Setting Chrome

Selanjutnya Buka bagian "Privasi dan keamanan" dan hapus centang opsi "Gunakan layanan prediksi untuk memuat halaman lebih cepat" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Mulai ulang browser Anda dan periksa apakah situs memuat dengan benar.


Pada dasarnya Chrome mencoba menyelesaikan semua alamat IP tautan pada sebuah halaman web. Meskipun ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan saat Anda membaca konten pada halaman website itu, ini dapat berdampak negatif tergantung pada jumlah dan jenis tautan. Mohon untuk diperhatikan perhatikan bahwa pilihan ini mungkin berbeda pada versi Chrome terbaru atau lama, seperti tulisan "Prediksi tindakan jaringan untuk meningkatkan kinerja pemuatan laman" bisa saja sama atau mungkin berbeda tulisannya itu.

Pilihan 5 - Mengubah Pengaturan LAN

Nah, dalam hal ini Jika Anda melihat pesan atau tulisan "Resolving proxy" di bilah status, itu mungkin disebabkan oleh pengaturan LAN Anda. Seperti yang dijelaskan dalam opsi 4, buka pengaturan Chrome dan klik tautan "Tampilkan pengaturan lanjutan ...". Arahkan ke bagian "Jaringan" dan klik tombol "Ubah pengaturan proxy ..."

Buka tab "Koneksi / Connection" dan klik tombol "Pengaturan LAN / LAN Setting" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Mengatur LAN

Hapus atau hilangkan centang pada kotak "Deteksi otomatis pengaturan" jika sudah dicentang dan mulai ulang browser Anda.

Mengatur LAN 

Pilihan 6 - Jangan Gunakan Proxy / VPN yang tidak bisa diandalkan

Menggunakan server proxy atau VPN membantu menyembunyikan identitas Anda dan menjelajahi web secara anonim. Ini juga membantu untuk mengakses situs web yang diblokir oleh pemerintah, organisasi dan sekolah. Sayangnya banyak orang menggunakan layanan ini untuk melakukan kegiatan ilegal. Ada layanan pemantauan penipuan di web yang memperbarui alamat IP dari mana penipuan tersebut berasal. Perusahaan seperti Google dan pengembang web lainnya menggunakan basis data layanan pemantauan penipuan ini untuk menyaring jaringan yang tidak diinginkan. Kemungkinan besar semua layanan gratis itu akan diblokir karena proksi dan perusahaan VPN berbagi rincian server yang sama dengan sejumlah besar pengguna.

Jadi, pastikan anada tidak menggunakan layanan proxy dan VPN gratis dan mencoba untuk mendapatkan layanan premium seperti VyprVPN atau ExpressVPN untuk menghindari melihat penyelesaian pesan host.

Pilihan 7 - IP Conflict pada Jarkom anda

Nah, selanjutnya Pilihan terakhir adalah me-restart komputer Anda atau me-restart koneksi internet dengan memutuskan daya modem dan menghubungkannya kembali. Saat ini banyak dan umum sekali di rumah atau kantor yang memiliki laptop, iPhone atau iPad dan semua terhubung ke router yang sama.

Penggunaan Router yang sama, mungkin kadang terjadi kesalah sistem pada jaringan sehingga terjadilah IP conflict atau 2 device jaringan seharusnya memiliki IP Address yag berbeda, namun dalam hal ini device tersebut memiliki IP yang sama sehingga terjadilah IP Conflict.

Pilihan 8 - Meghubungi ISP

Menghubungi ISP (Internet Service Provider) bisa anda lakukan, jika tidak ada satupun solusi yang disebutkan di atas pada tingkat browser, komputer dan router bekerja untuk Anda. Anda dapat mendiskusikan masalah ini dengan Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda bersama dengan URL situs yang Anda coba akses.

ISP Anda dapat memeriksa di bagian akhir dan mengonfirmasi apakah mereka memblokir situs tersebut. Mereka juga dapat menyediakan server DNS alternatif atau mengubah pengaturan konfigurasi di sisinya (ISP) untuk mengatasi penyelesaian masalah host atau Resolving Host pada Aplikasi Google Chrome anda.

Kesimpulan

Permasalahan Resolving Host pada Gogle Chrome ini membuat kita terganggu khusnya para pengguna / pekerja di dunia internet karena akan memperlambat akses pada sebuat situs web. So, untuk itu saya berharap artikel ini akan membantu anda menyelesaikan permasalahannya.

Yang saya alami juga hal yang sama, dan saya pernah menggunakan 8 Langkah Penyelesaian Resolving Host diatas satu per satu dan akhirnya berhasil. Semoga demikian juga dengan anda. Jika masih anda kendala, mungkin anda bisa berikan masukan dan pertanya kepada saya melalui kolom komentar dibawah.

Terima Kasih dan sampai jumpa diartikel atau tutorial selanjutnya. 

This Is The Newest Post

1 komentar so far

alasan atau pilihan no 6 kyaknya yang saya alami... tpi semua tahapnya saya lakukan dan hasilnya akses pake chrome ngaciiiro.... matur suwun pk

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, Conten terlarang akan di remove oleh admin.
EmoticonEmoticon